Sambutan Ketua Program Studi
Kami ucapkan selamat datang di program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Seiring dengan kesadaran pemerintah indonesia tentang pentingnya pendidikan anak usia dini yang tertuang dalam Undang-Undang No 20 tahun 2003 Pasal 28 , maka peluang-peluang lulusan pendidikan anak usia dini semakin terbuka lebar. banyak instansi baik swasta maupun negeri yang membutuhkan lulusan Program studi pendidikan anak usia dini dilihat dari grand desain pemerintah tentang anak usia dini menjadikan PAUD sebagai program unggulan di lintas departemen.
Karena itu kami mengajak anda semua untuk bergabung di program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang saat ini telah terakreditasi oleh BAN-PT, banyak lulusan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang telah tersertifikasi dan mendapatkan tunjangan kesejahteraan dari Pemerintah.
Lulusan Progaram studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dapat berkarir sebagai Pengelola Lembaga PAUD,Guru Taman kanak-kanak, Guru Kelompok Bermain, Guru Taman Penitipan Anak dan juga dapat berkarir menjadi konsultan PAUD,Wiraswasta Alat Permainan Edukatif dan karir lain yang berkaitan dengan Anak Usia Dini.
Begitu luas kesempatan berkarir setelah anda bergabung di Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Kami juga terus berupaya memperbaiki kualitas pembelajaran baik dari sarana prasarana maupun pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu dan berkualitas.
VISI
Program Studi yang memiliki keunggulan akademik dan professional dalam bidang pendidikan anak usia dini yang berorientasi global, adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi serta menjunjung nilai-nilai karakter dan budaya edupreneur di tingkat Nasional 2030.
MISI
- Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran guna menghasilkan lulusan yang berkualitas, kreatif, inovatif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta perkembangan IPTEK
- Melaksanakan penelitian untuk diimplementasikan guna pengembangan program studi PG-PAUD dan Lembaga PAUD
- Menanamkan budaya ilmiah di lingkungan Program Studi PG-PAUD
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian dan pengembangan PAUD berdasarkan kebutuhan untuk mendorong penguatan pengetahuan masyarakat.
- Membangun jaringan kerjasama dengan berbagai stakeholder untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan program studi.
TUJUAN
- Menghasilkan sarjana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas, professional dan handal dalam bidang Pendidikan Anak Usia
- Menghasilkan penelitian yang mendukung terlaksananya proses pendidikan dan pembelajaran serta pemecahan masalah dalam bidang PAUD.
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan penelitian PAUD yang bermafaat bagi masyarakat.
- Menghasilkan lulusan PAUD yang mampu menggunakan IPTEK dalam pembelajaran.
Strategi
- Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran guna menghasilkan lulusan yang berkualitas, kreatif, inovatif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta perkembangan IPTEK
- Melaksanakan penelitian untuk diimplementasikan guna pengembangan program studi PG-PAUD dan Lembaga PAUD
- Menanamkan budaya ilmiah dilingkungan Program Studi PG-PAUD
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian dan pengembangan PAUD berdasarkan kebutuhan untuk mendorong penguatan pengetahuan masyarakat.
- Melakukan kerjasama antar lembaga untuk mendukung proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Kompetensi | No | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS |
Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian | 1 | PUD112 | Pendidikan Agama | 2 |
2 | PUD122 | PPKn | 2 | |
3 | PUD133 | Bahasa Indonesia | 3 | |
4 | PUD152 | Filsafat Ilmu | 2 | |
5 | PUD143 | Pendidikan Bahasa Inggris | 3 | |
Mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan | 6 | PUD163 | Konsep Dasar PAUD | 3 |
7 | PUD172 | Profesi Keguruan | 2 | |
8 | PUD184 | Psikologi Perkembangan Anak | 4 | |
9 | PUD574 | Manajemen PAUD | 4 | |
Mata Kuliah Keahlian Berkarya | 10 | PUD213 | Kesehatan Gizi | 3 |
11 | PUD223 | Bermain dan Permainan Anak | 3 | |
12 | PUD233 | Komunikasi Efektif Dalam PAUD | 3 | |
13 | PUD243 | Matematika dan sains bagi AUD | 3 | |
14 | PUD253 | Teori Belajar dan Pembelajaran | 3 | |
15 | PUD263 | Media dan sumber belajar | 3 | |
16 | PUD273 | Kreatifitas Dan Keberbakatan AUD | 3 | |
17 | PUD313 | Seni Keterampilan | 3 | |
18 | PUD323 | Keterampilan Musik dan Tari | 3 | |
19 | PUD333 | Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus | 3 | |
20 | PUD353 | Pengembangan Kecerdasan majemuk | 3 | |
21 | PUD363 | Bimbingan Konseleing untuk AUD | 3 | |
22 | PUD373 | Profesionalisme Guru PAUD | 3 | |
23 | PUD413 | Metode Pertkembangan Kognitif | 3 | |
24 | PUD423 | Metode Pertkembangan Moral dan Agama | 3 | |
25 | PUD433 | Metode Pertkembangan Seni | 3 | |
26 | PUD443 | Metode Perkembangan Fisik Motorik | 3 | |
27 | PUD453 | Metode Pertkembangan Bahasa | 3 | |
28 | PUD463 | Metode Pertkembangan Sosial Emosional | 3 | |
29 | PUD512 | Pembelajaran Terpadu | 2 | |
30 | PUD552 | Program perlibatan Ortu dan Masyarakat | 2 | |
31 | PUD613 | Statistik Dasar | 3 | |
32 | PUD623 | Metodelogi penelitian | 3 | |
33 | PUD633 | Teknik penulisan Karya Ilmiah | 3 | |
34 | PUD643 | Penelitian Tindakan Kelas | 3 | |
35 | PUD654 | Microteaching | 4 | |
36 | PUD664 | Pengembangan Kurikulum PAUD | 4 | |
37 | PUD723 | Pengembangan Kegiatan PAUD | 3 | |
38 | PUD733 | Seminar Pendidikan PAUD | 3 | |
39 | PUD826 | Skripsi | 6 | |
Mata Kuliah Perilaku Berkarya | 40 | PUD343 | Komputer dalam pengembangan AUD | 3 |
41 | PUD473 | Perencanaan Pembelajaran PAUD | 3 | |
42 | PUD523 | Strategi Pembelajaran PAUD | 3 | |
43 | PUD533 | Evaluasi Pembelajaran AUD | 3 | |
44 | PUD544 | Kurikulum PAUD | 4 | |
45 | PUD563 | Evaluasi Perkembangan Anak | 3 | |
46 | PUD713 | Inovasi Pembelajaran PAUD | 3 | |
47 | PUD743 | Pemantapan kemampuan Profesional | 3 | |
Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat | 48 | PUD814 | PPL | 4 |
SEM | KODE MK | NAMA MATA KULIAH | PRASYARAT | SKS |
I | PUD112 | Pendidikan Agama |
| 2 |
| PUD122 | PPKn |
| 2 |
| PUD133 | Bahasa Indonesia |
| 3 |
| PUD143 | Pendidikan Bahasa Inggris |
| 3 |
| PUD152 | Filsafat Ilmu |
| 2 |
| PUD163 | Konsep Dasar PAUD |
| 3 |
| PUD172 | Profesi Keguruan |
| 2 |
| PUD184 | Psikologi Perkembangan Anak |
| 4 |
|
| Jumlah SKS |
| 21 |
II | PUD213 | Kesehatan Gizi |
| 3 |
| PUD223 | Bermain dan Permainan Anak |
| 3 |
| PUD233 | Komunikasi Efektif Dalam PAUD |
| 3 |
| PUD243 | Matematika dan sains bagi AUD |
| 3 |
| PUD253 | Teori Belajar dan Pembelajaran |
| 3 |
| PUD263 | Media dan sumber belajar |
| 3 |
| PUD273 | Kreatifitas Dan Keberbakatan AUD |
| 3 |
|
| Jumlah SKS |
| 21 |
III | PUD313 | Seni Keterampilan |
| 3 |
| PUD323 | Keterampilan Musik dan Tari |
| 3 |
| PUD333 | Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus |
| 3 |
| PUD343 | Komputer dalam pengembangan AUD |
| 3 |
| PUD353 | Pengembangan Kecerdasan majemuk |
| 3 |
| PUD363 | Bimbingan Konseleing untuk AUD |
| 3 |
| PUD373 | Profesionalisme Guru PAUD | PUD172 | 3 |
|
| Jumlah SKS |
| 21 |
IV | PUD413 | Metode Pertkembangan Kognitif | PUD243 | 3 |
| PUD423 | Metode Pertkembangan Moral dan Agama |
| 3 |
| PUD433 | Metode Pertkembangan Seni | PUD313 | 3 |
| PUD443 | Metode Perkembangan Fisik Motorik |
| 3 |
| PUD453 | Metode Pertkembangan Bahasa |
| 3 |
| PUD463 | Metode Pertkembangan Sosial Emosional |
| 3 |
| PUD473 | Perencanaan Pembelajaran PAUD | 5 | 3 |
|
| Jumlah SKS |
| 21 |
V | PUD512 | Pembelajaran Terpadu |
| 2 |
| PUD523 | Strategi Pembelajaran PAUD |
| 3 |
| PUD533 | Evaluasi Pembelajaran AUD |
| 3 |
| PUD544 | Kurikulum PAUD |
| 4 |
| PUD552 | Program perlibatan Ortu dan Masyarakat | 7 | 2 |
| PUD563 | Evaluasi Perkembangan Anak |
| 3 |
| PUD574 | Manajemen PAUD |
| 4 |
|
| Jumlah SKS |
| 21 |
VI | PUD613 | Statistik Dasar |
| 3 |
| PUD623 | Metodelogi penelitian |
| 3 |
| PUD633 | Teknik penulisan Karya Ilmiah |
| 3 |
| PUD643 | Penelitian Tindakan Kelas |
| 3 |
PUD654 | Microteaching |
| 4 | |
| PUD664 | Pengembangan Kurikulum PAUD |
| 4 |
|
| Jumlah SKS |
| 20 |
VII | PUD713 | Inovasi Pembelajaran PAUD |
| 3 |
| PUD723 | Pengembangan Kegiatan PAUD |
| 3 |
| PUD733 | Seminar Pendidikan PAUD |
| 3 |
| PUD743 | Pemantapan kemampuan Profesional |
| 3 |
|
| Jumlah SKS |
| 12 |
VIII | PUD814 | PPL |
| 4 |
PUD826 | Skripsi |
| 6 | |
|
| Jumlah SKS |
| 10 |
|
| TOTAL SKS |
| 147 |
Information
Program Akademik | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 - (S.Pd) | |
Tipe Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 - (S.Pd) | |
Akreditasi | B | |
Lama Studi | 8 Semester |