UNIVERSITAS PANCA SAKTI

BEKASI

PP-PAUD dan DIKMAS Jabar Gandeng STKIP Panca Sakti Genjot Standar Mutu Pendidikan

PP-PAUD dan DIKMAS Jabar Gandeng STKIP Panca Sakti Genjot Standar Mutu Pendidikan

MEDIAKOTA.COM,-Jakarta,--
Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan DIKMAS) Jawa Barat, baru-baru ini menjalin kemitraan dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Panca Sakti, bertujuan untuk pemetaan mutu pendidikan, gelar acara kemitraan ini berlangsung di Gd Serba Guna STKIP Panca Sakti, Kota Bekasi (20/8/2018).

Kepala Seksi Informasi dan Kemitraan PP-PAUD dan DIKMAS Jabar, Lizah Nurani, kepada wartawan mengatakan,
Tujuan kemitraan ini dalam rangka pemetaan mutu satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) yang ada di Jawa Barat sehingga nantinya mutu pendidikan anak usia dini yang ada di di Jabar dapat memenuhi 8 kreteria standar pendidikan sebagai mana diatur dalam peraturan pemerintah No. 32 Tahun 2014, tentang mutu satuan pendidikan," ucap Lizah Nurani. 

Dikatakan Lizah Nurani, Bimbingan teknis (Bimtek) dan Kemitraan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama kami sebelumnya, kita membangun kemitraan dalam rangka pelaksanaan pemetaan mutu, pada 2018 sekarang ini sebanyak 700 satuan pendidikan yang harus dipetakan, sementara pada tahun kemarin mencapai 400 satuan pendidikan yg dipetakan mutu pendidikan di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Target dari kemitraan ini adalah dalam rangka memenuhi 8 kreteria standar nasional mutu pendidikan anak usia dini maupun pendidikan masyarakat lainnya, diharapkan nantinya seluruh satuan pendidikan PAUD dan Dikmas memperoleh status akreditasi dari pihak pemerintah, sehingga dengan demikian dana pendidikan yang berasal dari pemerintah dapat diperoleh, karena status ter-akreditasi merupakan syarat utama memperoleh dana pendidikan dari pemerintah, hal ini sangat penting kendati sebagian masyarakat enggan melaksanakan Akreditasi karena dianggapnya terlalu jelimet dan susah didapatkan, nah itulah tugas kami bersama STKIP Panca Sakti memberi penyuluhan dan bimbingan agar yang menjadi harapan bersama itu tadi dapat terlaksana dengan baik," ucap Lizah. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Program Study (Prodi) Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG-PAUD), STKIP Panca Sakti, Nita Priyanti, kepada wartawan mengatakan Program kemitraan ini sejalan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi STKIP Panca Sakti yakni Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pengajaran, "Kami menyambut baik kemitraan antara PP-PAUD-Dikmas Jawa Barat dengan pihak kami STKIP Panca Sakti karena kerja sama di bidang bimbingan tekhnik pemetaan mutu ini merupakan salah satu kewajiban Tri Darma Perguruan Tinggi," ucap Nita.

Lebih lanjut Nita Priyanti mengatakan, sebanyak 50 lembaga nantinya akan menjadi mitra binaan dalam rangka pemetaan mutu sehingga nantinya mutu pendidikan PAUD diharapkan memperoleh mutu pendidikan yang sesuai dengan standar nasional yakni memperoleh status akreditasi.

"Sumber Daya Masyarakat (SDM) yang kami miliki baik para dosen dan mahasiswa siap melaksanakan pembinaan di 50 lembaga tadi, kami juga mengucapkan terima kasih kepada PP-PAUD dan Dikmas Jabar atas kepercayaan selama ini kepada STKIP Panca Sakti, semoga semua target sebagai mana yang diharapkan dapat berjalan dengan baik," harap Nita. 

Senada dengan Nita Priyanti, Kepala Seksi Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Anharudin juga berharap semoga jalinan kerja sama ini bisa memperoleh hasil yang maksimal dan ke depan lembaga PAUD dan Dikmas Jabar memperoleh standar mutu pendidikan yang sesuai dengan harapan pemerintah yakni memperoleh status Akreditasi, kami sangat yakin terlebih sebagai mana kita ketahui STKIP Panca Sakti Prodi PG-PAUD telah mendapatkan predikat AKREDITASI B dari pemerintah, hal ini membuktikan bahwa STKIP Panca Sakti cukup mumpuni di bidangnya" ucap Anharuddin. (fz)

Artikel Lainnya