Pendidikan Anak Usia Dini S1 - (S.Pd)

Sambutan Ketua Program Studi

Kami ucapkan selamat datang di program studi PAUD


Seiring dengan kesadaran pemerintah indonesia tentang pentingnya pendidikan anak usia dini yang tertuang dalam undang-undang No 20 tahun 2003 pasal 28 , maka peluang-peluang lulusan pendidikan anak usia dini semakin terbuka lebar. banyak instansi baik swasta maupun negeri yang membutuhkan lulusan Program studi pendidikan anak usia dini dilihat dari grand desain pemerintah tentang anak usia dini menjadikan PAUD sebagai program unggulan di lintas departemen.

Karena itu kami mengajak anda semua untuk bergabung di program studi PAUD yang saat ini telah terakreditasi oleh BAN-PT, banyak lulusan Program Studi PAUD yang telah tersertifikasi dan mendapatkan tunjangan kesejahteraan dari Pemerintah.

Lulusan Progaram studi paud dapat berkarir sebagai Pengelola Lembaga PAUD, guru Taman kanak-kanak, Guru Kelompok Bermain, Guru Taman Penitipan anak dan juga dapat berkarir menjadi konsultan PAUD,Wiraswasta Alat Permainan Edukatif dan karir lain yang berkaitan dengan Anak Usia Dini.

Begitu luas kesempatan berkarir setelah anda bergabung di Program studi PAUD.

Kami juga terus berupaya memperbaiki kualitas pembelajaran baik dari sarana prasarana maupun pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu dan berkualitas.

 


VISI

MENJADI PROGRAM STUDI YANG MENCETAK PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN YANG BERKARAKTER DAN UNGGUL DI NASIONAL TAHUN 2025

MISI

  1. MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN YANG ADAPTIF, INOVATIF, PEDULI LINGKUNGAN, FLEKSIBEL, BERPEDOMAN PADA KOMPETENSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN KECAKAPAN HIDUP
  2. MENGINTEGRASIKAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DAN DUNIA KERJA/USAHA
  3. MENGEMBANGKAN BUDAYA AKADEMIK DALAM PENELITIAN MULTI DISIPLIN YANG BERMANFAAT BAGI KEPENTINGAN AKADEMIK MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN
  4. MENINGKATKAN PERAN PROGRAM STUDI DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA WAWASAN KEILMUAN BAGI TERWUJUDNYA MASYARAKAT MADANI
  5. MEMBANGUN KERJASAMA BERBAGAI PIHAK UNTUK PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

 

TUJUAN

  1. TERWUJUDNYA PEMBELAJARAN YANG ADAPTIF, INOVATIF, PEDULI LINGKUNGAN, FLEKSIBEL, BERPEDOMAN PADA KOMPETENSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN KECAKAPAN HIDUP
  2. TERINTEGRASINYA KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DAN DUNIA KERJA/USAHA
  3. BERKEMBANGNYA BUDAYA AKADEMIK DALAM PENELITIAN MULTI DISIPLIN YANG BERMANFAAT BAGI KEPENTINGAN AKADEMIK MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN
  4. MENINGKATNYA PERAN PROGRAM STUDI DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA WAWASAN KEILMUAN BAGI TERWUJUDNYA MASYARAKAT MADANI
  5. TERBANGUNNYA KERJASAMA BERBAGAI PIHAK UNTUK PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Kompetensi

No

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian

1

PUD112

Pendidikan Agama

2

2

PUD122

PPKn

2

3

PUD133

Bahasa Indonesia

3

4

PUD152

Filsafat Ilmu

2

5

PUD143

Pendidikan Bahasa Inggris

3

Mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan

6

PUD163

Konsep Dasar PAUD

3

7

PUD172

Profesi Keguruan

2

8

PUD184

Psikologi Perkembangan Anak

4

9

PUD574

Manajemen PAUD

4

Mata Kuliah Keahlian Berkarya

10

PUD213

Kesehatan Gizi

3

11

PUD223

Bermain dan Permainan Anak

3

12

PUD233

Komunikasi Efektif Dalam PAUD

3

13

PUD243

Matematika dan sains bagi AUD

3

14

PUD253

Teori Belajar dan Pembelajaran

3

15

PUD263

Media dan sumber belajar

3

16

PUD273

Kreatifitas Dan Keberbakatan AUD

3

17

PUD313

Seni Keterampilan

3

18

PUD323

Keterampilan Musik dan Tari

3

19

PUD333

Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus

3

20

PUD353

Pengembangan Kecerdasan majemuk

3

21

PUD363

Bimbingan Konseleing untuk AUD

3

22

PUD373

Profesionalisme Guru PAUD

3

23

PUD413

Metode Pertkembangan Kognitif

3

24

PUD423

Metode Pertkembangan Moral dan Agama

3

25

PUD433

Metode Pertkembangan Seni

3

26

PUD443

Metode Perkembangan Fisik Motorik

3

27

PUD453

Metode Pertkembangan Bahasa

3

28

PUD463

Metode Pertkembangan Sosial Emosional

3

29

PUD512

Pembelajaran Terpadu

2

30

PUD552

Program perlibatan Ortu dan Masyarakat

2

31

PUD613

Statistik Dasar

3

32

PUD623

Metodelogi penelitian

3

33

PUD633

Teknik penulisan Karya Ilmiah

3

34

PUD643

Penelitian Tindakan Kelas

3

35

PUD654

Microteaching

4

36

PUD664

Pengembangan Kurikulum PAUD

4

37

PUD723

Pengembangan Kegiatan PAUD

3

38

PUD733

Seminar Pendidikan PAUD

3

39

PUD826

Skripsi

6

Mata Kuliah Perilaku Berkarya

40

PUD343

Komputer dalam pengembangan AUD

3

41

PUD473

Perencanaan Pembelajaran PAUD

3

42

PUD523

Strategi Pembelajaran PAUD

3

43

PUD533

Evaluasi Pembelajaran AUD

3

44

PUD544

Kurikulum PAUD

4

45

PUD563

Evaluasi Perkembangan Anak

3

46

PUD713

Inovasi  Pembelajaran PAUD

3

47

PUD743

Pemantapan kemampuan Profesional

3

Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat

48

PUD814

PPL

4

SEM

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

PRASYARAT

SKS

I

PUD112

Pendidikan Agama

 

2

 

PUD122

PPKn

 

2

 

PUD133

Bahasa Indonesia

 

3

 

PUD143

Pendidikan Bahasa Inggris

 

3

 

PUD152

Filsafat Ilmu

 

2

 

PUD163

Konsep Dasar PAUD

 

3

 

PUD172

Profesi Keguruan

 

2

 

PUD184

Psikologi Perkembangan Anak

 

4

 

 

Jumlah SKS

 

21

II

PUD213

Kesehatan Gizi

 

3

 

PUD223

Bermain dan Permainan Anak

 

3

 

PUD233

Komunikasi Efektif Dalam PAUD

 

3

 

PUD243

Matematika dan sains bagi AUD

 

3

 

PUD253

Teori Belajar dan Pembelajaran

 

3

 

PUD263

Media dan sumber belajar

 

3

 

PUD273

Kreatifitas Dan Keberbakatan AUD

 

3

 

 

Jumlah SKS

 

21

III

PUD313

Seni Keterampilan

 

3

 

PUD323

Keterampilan Musik dan Tari

 

3

 

PUD333

Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus

 

3

 

PUD343

Komputer dalam pengembangan AUD

 

3

 

PUD353

Pengembangan Kecerdasan majemuk

 

3

 

PUD363

Bimbingan Konseleing untuk AUD

 

3

 

PUD373

Profesionalisme Guru PAUD

PUD172

3

 

 

Jumlah SKS

 

21

IV

PUD413

Metode Pertkembangan Kognitif

PUD243

3

 

PUD423

Metode Pertkembangan Moral dan Agama

 

3

 

PUD433

Metode Pertkembangan Seni

PUD313

3

 

PUD443

Metode Perkembangan Fisik Motorik

 

3

 

PUD453

Metode Pertkembangan Bahasa

 

3

 

PUD463

Metode Pertkembangan Sosial Emosional

 

3

 

PUD473

Perencanaan Pembelajaran PAUD

 5

3

 

 

Jumlah SKS

 

21

V

PUD512

Pembelajaran Terpadu

 

2

 

PUD523

Strategi Pembelajaran PAUD

 

3

 

PUD533

Evaluasi Pembelajaran AUD

 

3

 

PUD544

Kurikulum PAUD

 

4

 

PUD552

Program perlibatan Ortu dan Masyarakat

 7

2

 

PUD563

Evaluasi Perkembangan Anak

 

3

 

PUD574

Manajemen PAUD

 

4

 

 

Jumlah SKS

 

21

VI

PUD613

Statistik Dasar

 

3

 

PUD623

Metodelogi penelitian

 

3

 

PUD633

Teknik penulisan Karya Ilmiah

 

3

 

PUD643

Penelitian Tindakan Kelas

 

3

 

PUD654

Microteaching

 

4

 

PUD664

Pengembangan Kurikulum PAUD

 

4

 

 

Jumlah SKS

 

20

VII

PUD713

Inovasi  Pembelajaran PAUD

 

3

 

PUD723

Pengembangan Kegiatan PAUD

 

3

 

PUD733

Seminar Pendidikan PAUD

 

3

 

PUD743

Pemantapan kemampuan Profesional

 

3

 

 

Jumlah SKS

 

12

VIII

PUD814

PPL

 

4

 

PUD826

Skripsi

 

6

 

 

Jumlah SKS

 

10

 

 

TOTAL SKS

 

147


Information

Program Akademik Pendidikan Anak Usia Dini S1 - (S.Pd)
Tipe Program Pendidikan Anak Usia Dini S1 - (S.Pd)
Akreditasi C
Lama Studi 8 Semester